Header Ads

HUT RI 79 Di Ganggu OPM , Tewaskan 1 Anggota TNI

Beragam Berita Nasional - Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Letkol Candra Kurniawan, menginformasikan bahwa seorang anggota Kodim 1714/Puncak Jaya telah menjadi korban penembakan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada hari Kamis, 15 Agustus, di Distrik Pagaleme, Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua Tengah. Candra menyebutkan bahwa anggota TNI yang terkena tembakan adalah Serka JEM.






Candra menjelaskan bahwa insiden tersebut terjadi saat peresmian Pemilihan Kepala Daerah serentak Kabupaten Puncak Jaya 2024 di Sport Center. Korban, yang berada di dalam mobil, tiba-tiba diserang oleh OPM, yang mengakibatkan kematian di lokasi kejadian sekitar pukul 18.30 WIT. Jenazah Serka JEM telah dievakuasi ke RSUD Mulia, sementara aparat keamanan sedang melaksanakan pengejaran terhadap pelaku.

Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB-OPM) mengklaim bertanggung jawab atas penembakan tersebut, yang dilakukan oleh anggota TPNPB Komando Wilayah XXVII Sinak. Juru Bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom, menyatakan bahwa pada pukul 14.17 WIT, laporan dari Komandan Operasi Kodap XXVII Sinak, Mayor Kalenak Murib, menyebutkan bahwa dua anggota TNI ditembak, dengan satu di antaranya meninggal dunia dan yang lainnya mengalami luka.

Sebby menegaskan bahwa sikap menolak perayaan tersebut adalah bentuk perlawanan terhadap penindasan yang dialami oleh Papua. Ia berharap agar masyarakat Papua dapat bersatu dan memperjuangkan hak-hak mereka tanpa merasa tertekan oleh situasi yang ada. Dengan demikian, diharapkan akan muncul kesadaran kolektif untuk melawan penjajahan yang berlangsung.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.