Header Ads

AHY : Papua Harus Di Jaga Kehormatannya!

Beragam Berita Nasional - Belakangan ini, banyak warganet di media sosial yang menunjukkan keprihatinannya terhadap kondisi Papua dengan cara mengunggah ulang kampanye yang berjudul "All Eyes on Papua". Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, juga ikut mengomentari unggahan mengenai deforestasi yang semakin mengancam Papua tersebut.



AHY mengakui bahwa ia telah melihat kampanye tersebut di media sosial. Menurutnya, Papua adalah salah satu wilayah Indonesia yang harus dijaga kehormatannya. Ia berharap agar masyarakat Papua dapat hidup dengan baik dan sejahtera, serta diperlakukan secara adil tanpa ada diskriminasi. Hal ini diungkapkannya saat ditemui di Jakarta pada hari Jumat (7/6/2024).


Menurut AHY, saat ini semua pihak harus fokus untuk mengejar ketertinggalan yang ada di Papua. Pasalnya, Papua masih tertinggal dibandingkan dengan daerah-daerah lain, termasuk daerah di Jawa. Oleh karena itu, kebijakan yang dilakukan di Papua adalah untuk pembangunan ekonomi. Dalam pembangunan tersebut, keterlibatan semua pihak, termasuk masyarakat asli Papua, sangat diperlukan.


AHY juga menyampaikan bahwa di tingkat pusat, terdapat kebijakan-kebijakan strategis yang tidak hanya berlaku di Papua, tetapi juga ada sejumlah proyek strategis nasional dan kawasan ekonomi khusus yang sedang dibangun untuk meningkatkan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, serta memperkuat ketahanan pangan dan energi. Untuk mencapai transisi energi, AHY menekankan pentingnya bahan dasar seperti tebu dan jagung, sehingga perlu dibuat area perkebunan yang melibatkan semua warga asli Papua di sana. Pembangunan di Papua pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat dan juga berkontribusi pada ekonomi.

Pihak kementerian ATR/BPN menegaskan bahwa mereka tidak berniat untuk memberikan komentar yang terlalu mendalam terkait isu politik. Namun, mereka dengan tegas menyatakan bahwa prinsip utama mereka adalah memberikan dukungan bagi pertumbuhan ekonomi, pembangunan, serta menjaga kedaulatan dan kenyamanan masyarakat.


Pernyataan tersebut disampaikan oleh seorang perwakilan dari kementerian ATR/BPN. Mereka menekankan pentingnya fokus pada upaya untuk meningkatkan perekonomian, pembangunan, dan keamanan bagi seluruh masyarakat. Hal ini sebagai bentuk komitmen mereka dalam menjaga stabilitas dan kesejahteraan negara.


Meskipun tidak merinci lebih lanjut terkait isu politik, kementerian ATR/BPN tetap memberikan penegasan bahwa dukungan mereka difokuskan pada pertumbuhan ekonomi, pembangunan, serta menjaga kedaulatan dan kenyamanan masyarakat. Pernyataan tersebut mencerminkan komitmen mereka dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai bagian dari pemerintahan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.