Header Ads

Badan Geologi Akan Cegah Banjir LedakkanTumpukkan Erupsi Gunung Marapi

Beragam Berita Nasional - Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Muhammad Wahid mengumumkan bahwa pihaknya bersama dengan kementerian dan lembaga terkait akan segera melakukan peledakan batuan material Gunung Marapi di Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) dalam waktu dekat. Tindakan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya banjir di wilayah tersebut.



Lebih lanjut, Wahid menjelaskan bahwa sejak minggu lalu, pihaknya telah berkoordinasi dengan BNPB, BMKG, dan Kementerian PUPR untuk memastikan posisi sebaran batu-batu besar dari material erupsierupsi Gunung Marapi. Koordinasi ini dilakukan untuk mengantisipasi potensi bahaya yang dapat ditimbulkan oleh batuan tersebut.


Peledakan batuan besar ini juga dimaksudkan untuk menghindari terjadinya banjir yang lebih luas akibat hujan yang dapat menyebabkan timbunan material di satu lokasi. Selain itu, peledakan tersebut juga bertujuan agar material batuan tidak kembali tergerus ke hilir saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi di bagian hulu sungai, sehingga tidak membahayakan masyarakat di sekitarnya.

Baca Juga : Pengungsi Erupsi Gunung Ibu Semakin Banyak

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.