Header Ads

BMKG : Kota Besar Akan Di Guyur Hujan Lebat

Beragam Berita Nasional - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, pada hari ini, Senin (17/6/2024), hujan dengan intensitas ringan hingga sedang berpotensi mengguyur sebagian besar kota besar di Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh prakirawan BMKG, Maria Klaudiana.




Maria menyatakan bahwa gelombang ekuatorial rossby aktif di beberapa wilayah seperti Banten, Lampung, Kalimantan Utara, Sulawesi bagian utara, Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat. Sementara itu, gelombang kelvin aktif di wilayah Sumatra bagian tengah.

Selain itu, dorongan massa udara kering dari belahan bumi selatan juga berpengaruh dalam pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah seperti Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Sulawesi. BMKG memperkirakan hujan ringan hingga sedang di beberapa kota di Pulau Sumatra dan hujan disertai petir di Pangkal Pinang.

Cuaca di Pulau Jawa bervariasi dari berawan hingga cerah berawan di beberapa kota seperti Jakarta, Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Namun, hujan ringan diprediksi hanya akan turun di Serang dan Semarang.

Di Bali hingga Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur umumnya akan cerah berawan, kecuali Denpasar yang diprakirakan akan hujan ringan.

Di Pulau Kalimantan, cuaca berkabut hanya di Tanjung Selor, sementara hujan ringan terjadi di Palangka Raya dan Samarinda. Hujan yang disertai petir berpotensi mengguyur Pontianak dan Banjarmasin.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.