Indonesia Terancam Potensi Hujan dengan Petir

Beragam Berita Nasional - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengumumkan bahwa potensi hujan lebat yang disertai angin kencang, kilat, dan petir berpotensi melanda mayoritas wilayah Indonesia pada Kamis (30/5/2024). Berdasarkan informasi resmi BMKG di Jakarta, wilayah yang berpotensi terkena dampak tersebut termasuk Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, dan Nusa Tenggara Timur.



Selain itu, daerah yang juga berpotensi terdampak adalah Riau, Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.


Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, menyatakan bahwa potensi hujan ini diperkirakan akan berlanjut hingga akhir bulan Mei, dan kemudian Indonesia akan memasuki musim kemarau mulai Juni hingga September 2024. Oleh karena itu, penting bagi pemerintah pusat dan daerah untuk terus siaga menghadapi kondisi ini, karena beberapa wilayah Indonesia masih berpotensi mengalami hujan dalam beberapa waktu ke depan, yang dapat berdampak pada bencana hidrometeorologi basah seperti banjir, banjir bandang, banjir lahar, dan longsor.

Komentar