Header Ads

Jadwal Tim Peserta dan Stadium Yang Wajib Anda Ketahui!

Beragam Berita Nasional -  Euro 2024 akan segera dimulai. Pesta sepak bola antarnegara Eropa ini akan berlangsung mulai tanggal 14 Juni (15 Juni WIB) hingga 14 Juli (15 Juli WIB) 2024.



Jerman dipilih sebagai tuan rumah Piala Eropa 2024. Keputusan ini diambil pada pertemuan Komite Eksekutif UEFA di Nyon pada tanggal 27 September 2018. Jerman berhasil mengalahkan Turki sebagai pesaing tunggal.

Ini bukan kali pertama Jerman menjadi tuan rumah Piala Eropa. Pada tahun 1988, saat masih bernama Jerman Barat, Jerman juga menjadi tuan rumah. Namun, edisi tahun 2024 ini menjadi kali pertama Jerman menjadi tuan rumah setelah reunifikasi.


Babak penyisihan grup akan berlangsung hingga tanggal 26 Juni, dan babak gugur akan dimulai pada tanggal 29 Juni. Sebagai tuan rumah, Jerman akan berada di Grup A dan menempati posisi A1. Pertandingan pembuka akan dilakukan oleh Jerman melawan Skotlandia di Allianz Arena, Munchen pada hari Jumat, 14 Juni atau Sabtu, 15 Juni WIB. Final akan berlangsung di Olympiastadion, Berlin, pada hari Minggu, 14 Juli atau Senin (15 Juli WIB).


Jerman/Jerman Barat telah berpartisipasi dalam setiap turnamen EURO sejak tahun 1972. Jerman Barat berhasil menjadi juara pada tahun 1972 dan 1980, sementara Jerman yang bersatu kembali meraih kemenangan pada Euro 1996.


Pengundian untuk turnamen final telah dilakukan di Hamburg pada hari Sabtu, 2 Desember 2023. Sebanyak 24 tim berhasil lolos ke turnamen ini. Berikut adalah daftar tim yang lolos ke setiap grup:

Tim Peserta

Grup A: Jerman, Skotlandia, Hungaria, Swiss

Grup B: Spanyol, Kroasia, Italia, Albania

Grup C: Slovenia, Denmark, Serbia, Inggris

Grup D: Polandia, Belanda, Austria, Prancis

Grup E: Belgia, Slovakia, Rumania, Ukraina

Grup F: Turki, Georgia, Portugal, Ceko


Venue

Arena-arena yang menjadi tuan rumah adalah sebagai berikut.

Berlin: Olympiastadion Berlin (kapasitas saat ini: 71.000)

Cologne: Mungersdorferstadion (43.000)

Dortmund: Westfalenstadion (62.000)

Dusseldorf: Dusseldorf Arena (47.000)

Frankfurt: Waldstadion Arena (47.000)

Gelsenkirchen: Arena AufSchalke (50.000)

Hamburg: Volksparkstadion Hamburg (49.000)

Leipzig: Zentralstadion (40000)

Munchen: Allianz Arena (66.000)

Stuttgart: Neckarstadion (51.000)


Menariknya, Allianz Arena di Munchen akan menjadi tuan rumah pertandingan untuk kedua kalinya berturut-turut dalam Piala Eropa. Stadion ini, yang merupakan markas Bayern Munchen, adalah salah satu dari 11 stadion yang akan menyelenggarakan pertandingan selama Euro 2020 yang tersebar di kota-kota besar di Eropa.


Fussballiebe menjadi bola resmi pertandingan UEFA Euro 2024 yang akan digunakan selama babak final. Bola ini diluncurkan pada bulan November 2023 oleh UEFA dan adidas dalam sebuah acara khusus yang diadakan di depan Olympiastadion Berlin.


Dalam bahasa Jerman, Fussballiebe berarti "cinta terhadap sepak bola". Bola Fussballiebe ini menampilkan Teknologi Bola Terhubung adidas untuk pertama kalinya dalam sejarah Piala Eropa.


Maskot resmi turnamen ini diberi nama Albärt, yang dipilih melalui pemungutan suara yang dilakukan di UEFA.com dan melibatkan siswa-siswa sekolah di seluruh Eropa melalui program UEFA Football in Schools. Albärt, yang merupakan boneka beruang, berhasil memenangkan 32 persen suara.


Maskot beruang ini pertama kali diperkenalkan kepada para penggemar di Jerman di Gelsenkirchen pada bulan Juni 2023, menjelang pertandingan persahabatan antara tim nasional Jerman dan Kolombia.


Sementara itu, lagu resmi Euro 2024 adalah "Fire". Lagu ini telah dirilis di platform streaming dan ditulis oleh Ryan Tedder dari OneRepublic, diproduksi oleh Meduza, dan dinyanyikan bersama oleh penyanyi-penulis lagu asal Jerman, Leony. Lagu ini mencoba menangkap semangat dan gairah para penggemar sepak bola dan musik. Namun, video klipnya mendapat kritik dari netizen karena terlalu menonjolkan Coca Cola, Lidl, dan Axe sebagai sponsor Euro 2024.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.