Header Ads

Gudang Di Kebayoran Lama Kebakaran Total Kerugian Mencapai 11 Miliar

Beragam Berita Nasional -  Sebanyak 50 petugas dikerahkan untuk memadamkan kebakaran yang terjadi di gudang perabotan di Jalan Ciputat Raya, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, pada Jumat pagi pukul 10.45 WIB. Menurut Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan, dua orang mengalami luka ringan dan telah mendapatkan perawatan medis. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.




Kepala Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan, Syamsul Huda, menjelaskan bahwa awalnya 15 personel dikerahkan, namun jumlahnya meningkat menjadi 50 untuk menangani kebakaran. Laporan mengenai kebakaran diterima dari masyarakat pada pukul 10.45 WIB, dan pemadaman dimulai pada pukul 10.55 WIB, berakhir pada pukul 12.50 WIB. Huda menyatakan bahwa situasi pemadaman telah berhasil diselesaikan.

Luas area yang terbakar mencapai 1.400 meter persegi dengan total taksiran kerugian mencapai Rp 11 miliar, yang mencakup kerusakan bangunan, bahan material, serta dua unit mobil operasional dan satu unit motor. Kronologi kejadian dimulai ketika seorang pegawai toko bernama Ade melihat karpet yang terbakar, yang kemudian merambat ke barang-barang perabotan, dan segera melapor kepada RT untuk meminta bantuan Gulkarmat. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mencatat 490 kejadian kebakaran di Jakarta dari Januari hingga Agustus 2024, dengan sebagian besar disebabkan oleh korsleting listrik.

Jumlah korban akibat insiden tersebut mencakup 18 orang yang meninggal dunia, 21 orang mengalami luka berat, dan 133 orang mengalami luka ringan, dengan total pengungsi mencapai 3.021 jiwa. 

Infrastruktur yang terdampak meliputi 720 rumah tinggal, 150 bangunan semi permanen, 25 gedung, 32 gudang, 212 kios atau ruko, 34 kendaraan, serta 46 bangunan lainnya. 

Estimasi kerugian yang ditimbulkan akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai Rp 148 miliar.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.