Header Ads

Ridwan Kamil Akhirnya Bisa Nantang Anies Duel Pilgub DKI

Beragam Berita Nasional - Peluang Ridwan Kamil untuk menantang Anies Baswedan di Pilgub Jakarta terbuka lebar setelah Golkar mendukung Dedi Mulyadi di Pilgub Jawa Barat.




Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan bahwa sudah ada perkembangan dari pertemuan antara DPD Partai Golkar dan DPD Partai Gerindra terkait Pilgub Jawa Barat.

Partai Golkar menugaskan Ridwan Kamil untuk bersiap maju di Pilkada Jakarta dan Jawa Barat, sementara Anies Baswedan sudah mendapat dukungan dari PKS dan Nasdem.

PKB dan PDIP memiliki kemungkinan untuk memberikan dukungan kepada Anies, meskipun kepastian tersebut belum ada karena masih berlangsung negosiasi mengenai siapa yang akan menjadi calon wakil gubernur. Situasi ini menunjukkan dinamika politik yang kompleks menjelang pemilihan.

Anies Baswedan tercatat memiliki elektabilitas tertinggi sebagai calon gubernur Jakarta menurut survei yang dilakukan oleh Indikator. Di posisi kedua terdapat Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), diikuti oleh Ridwan Kamil di urutan ketiga. Peneliti Utama Indikator, Burhanuddin Muhtadi, menyatakan bahwa hampir 40 persen responden memilih Anies.

Dalam simulasi terbuka, Ahok memperoleh elektabilitas 23,8 persen, sementara Ridwan Kamil mendapatkan 13,1 persen. Dalam simulasi semi terbuka dengan 40 nama calon, Anies kembali menunjukkan dominasi dengan 41,7 persen, diikuti Ahok dan Ridwan Kamil. Meskipun Anies unggul, keunggulannya belum mencapai 50 persen, menunjukkan tantangan yang masih ada dalam meraih dukungan yang lebih luas.

Survei yang dilakukan pada bulan Juni 2024 terhadap warga negara Indonesia di Daerah Khusus Jakarta yang memiliki hak pilih dalam pemilu, yaitu yang berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah saat survei dilakukan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.