Arutmin Kerjasama Dengan Dinkes Kotabaru Untuk Cegah Stunting

Beragam Berita Nasional - Arutmin Tambang Senakin bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan untuk melaksanakan kegiatan Senakin Bebas Stunting (SBS) di Puskesmas Tamiang Geronggang sebagai bagian dari Program Pemberdayaan dan Pengembangan Masyarakat (PPM).




Program ini bertujuan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di wilayah operasi Arutmin untuk mendapatkan generasi masa depan yang lebih sehat dan berkualitas. Pemeriksaan kesehatan gratis bagi ibu-ibu hamil dilakukan di Lokasi Tambang Senakin yang cukup terpencil, dimana akses layanan kesehatan terbatas dan tidak terdapat dokter spesialis yang memadai.

Inisiatif ini bertujuan agar ibu hamil tetap sehat, bugar dan semangat dalam menjalani masa kehamilan sampai melahirkan bayi yang sehat, cerdas, dan kuat. Arutmin juga memberikan dukungan terhadap program pemerintah, pencegahan dan pengurangan angka stunting dengan melakukan pemeriksaan pada ibu hamil risiko tinggi dan Ultrasonografi (USG) gratis di wilayah lingkar tambang sejak tahun 2023 lalu.

Arutmin berkomitmen untuk meningkatkan kontribusi perusahaan pada pemberdayaan dan pengembangan masyarakat serta lingkungan di bidang kesehatan sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), khususnya dalam good health and well-being (kehidupan sehat dan sejahtera).

Kegiatan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan meliputi program pemeriksaan kesehatan berkala, layanan kesehatan dasar, pemeriksaan kesehatan ibu dan anak, serta penanganan penyakit umum untuk meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan.

Stunting merupakan masalah kesehatan nasional yang perlu penanganan serius. Pemerintah telah menetapkan program prioritas untuk menurunkan prevalensi stunting hingga 14 persen pada tahun 2024 dengan berbagai upaya, mulai dari pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) hingga pemberian makanan tambahan pada ibu hamil dan anak usia 6-24 bulan.

Komentar