Header Ads

Topan Gaemi Tuju China Usai Hantam Taiwan

Beragam Berita Nasional - Wilayah tenggara China diguncang Topan Gaemi yang melintasi Selat Taiwan pada Kamis (25/7/2024). Topan ini menyebabkan Pemerintah Taiwan mengeluarkan peringatan kenaikan permukaan air sungai, banjir bandang, dan hujan ekstrem di beberapa kota dan provinsi.





Gaemi adalah topan ketiga dan terkuat yang melanda pesisir timur China tahun ini. Topan itu mendarat di Provinsi Fujian pada Kamis pukul 19.50 setelah menghantam Taiwan dengan angin kencang hingga 227 kilometer per jam, salah satu angin terkuat yang pernah tercatat di Samudra Pasifik Barat.

Sebelum kedatangan topan itu, sekitar 240.800 orang di Fujian dievakuasi. Walaupun sudah melemah saat tiba di Kota Putian yang berpopulasi 3 juta orang, Topan Gaemi dan awan raksasanya diperkirakan akan membawa hujan deras ke-10 provinsi China beberapa hari ke depan. Gaemi dibandingkan dengan Topan Doksuri yang memicu banjir bandang di utara China dan Beijing tahun lalu, menimbulkan kerugian sekitar 30 miliar dolar AS di seluruh China.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.