Header Ads

Wabah Listeria Bermula Dari Konsumsi Daging Deli

Beragam Berita Nasional -  Amerika Serikat (AS) sedang mengalami wabah listeria yang telah menyebabkan 28 warga dilarikan ke rumah sakit dan dua orang meninggal dunia. Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyatakan bahwa wabah listeria terkait dengan daging deli, yang merupakan daging matang yang telah diiris dan disiapkan untuk sandwich dan sajian santapan ringan lainnya.



Menurut data CDC, New York adalah negara bagian dengan kasus terbanyak yaitu tujuh kasus, diikuti oleh Maryland dengan enam kasus. Negara-negara bagian yang juga telah melaporkan kasus listeria termasuk Illinois, Georgia, Massachusetts, Minnesota, Missouri, New Jersey, North Carolina, Pennsylvania, Virginia, dan Wisconsin.

CDC mengatakan bahwa mereka dan para mitranya, termasuk Dinas Inspeksi dan Keamanan Pangan Departemen Pertanian AS (USDA-FSIS), sedang mengumpulkan data untuk menentukan sumber wabah. Banyak pasien dalam wabah ini melaporkan bahwa mereka makan daging deli yang diiris di toko kelontong. Kasus-kasus telah dilaporkan antara 29 Mei dan 5 Juli, demikian data CDC. Usia pasien berkisar antara 32 tahun hingga 94 tahun dengan usia rata-rata 75 tahun. Sebanyak 72 persen pasien diidentifikasi sebagai orang kulit putih dengan 23 persen diidentifikasi sebagai orang kulit hitam atau Afro-Amerika dan 5 persen sebagai orang Asia.

CDC menjelaskan bahwa ketika seseorang mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes, dapat menyebabkan infeksi serius yang dikenal sebagai listeriosis. Infeksi ini bisa berkembang menjadi listeriosis invasif, di mana bakteri menyebar ke bagian tubuh lain di luar usus.

Gejala penyakit biasanya muncul satu hingga empat pekan setelah mengonsumsi makanan terkontaminasi, tetapi bisa juga dimulai pada hari yang sama atau hingga 70 hari kemudian. Sekitar 1.600 orang terkena listeriosis setiap tahunnya, dengan sekitar 260 di antaranya meninggal dunia. Orang yang berisiko tinggi termasuk ibu hamil, bayi baru lahir, orang tua di atas 65 tahun, dan individu dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Gejala yang dialami oleh orang yang terinfeksi biasanya meliputi demam, sakit kepala, nyeri otot, kelelahan, leher kaku, kebingungan, atau kehilangan keseimbangan. Orang hamil mungkin hanya mengalami demam dan gejala mirip flu. CDC merekomendasikan untuk menghindari makan daging yang diiris di konter deli kecuali dipanaskan hingga suhu internal 165 derajat Fahrenheit atau hingga mengepul panas sebelum disajikan. Jika mengalami gejala listeriosis setelah mengonsumsi daging yang diiris di konter deli, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.