Bank Dunia Setuju Berikan Sumbangan Untuk Kekeringan Zambia

Beragam Berita Nasional - Kementerian Keuangan Zambia mengumumkan bahwa Bank Dunia telah menyetujui hibah sebesar 208 juta dolar AS untuk membantu negara tersebut mengatasi dampak sosial dan ekonomi dari kekeringan yang melanda wilayah selatan Afrika.



Negara-negara di wilayah tersebut mengalami kekeringan terburuk dalam beberapa tahun terakhir akibat kombinasi El Nino dan naiknya suhu bumi karena emisi gas rumah kaca.

El Nino adalah fenomena alami di Samudra Pasifik yang dapat mengganggu pola iklim dan mempengaruhi cuaca di seluruh dunia. Biasanya, angin pasat mendorong air hangat ke arah Asia, tetapi El Nino dapat mengubah arah angin dan menyebabkan perubahan suhu di Pasifik timur dekat Amerika Selatan.

Zambia, Malawi, dan Zimbabwe mengalami bencana kekeringan yang berdampak pada produksi pangan dan mata pencaharian jutaan orang. Hibah dari Bank Dunia bertujuan membantu Zambia merespons dampak kekeringan dengan memberikan bantuan tunai darurat kepada rumah tangga yang terkena dampak selama setahun penuh.

Departemen telah menegaskan bahwa peningkatan pendanaan dari Bank Dunia akan memperkuat program perlindungan sosial yang sudah ada. 

Pada bulan lalu, IMF menyetujui permintaan dari Pemerintah Zambia untuk meningkatkan dukungan keuangannya dari 1,3 miliar dolar AS menjadi 1,7 miliar dolar AS. 

Tujuan peningkatan dukungan keuangan tersebut adalah untuk membantu Zambia mengatasi dampak kekeringan yang sedang dialami negara tersebut.

Komentar