Header Ads

Bahaya Ada Kandungan Natrium Dehidroasetat Di Roti

Beragam Berita Nasional - Penggunaan natrium dehidroasetat sebagai bahan tambahan pangan sedang menjadi perbincangan hangat. Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia Prof Hardinsyah menyatakan bahwa penggunaan zat kimia ini dalam dosis tinggi berpotensi menimbulkan gejala iritasi hingga gangguan hati dan ginjal pada konsumen.




Natrium dehidroasetat pada awalnya digunakan sebagai bahan campuran kosmetik, namun kemudian diizinkan sebagai bahan tambahan pangan di Amerika Serikat dan Eropa dalam dosis yang sangat kecil. Oleh karena itu, penggunaannya memerlukan izin dari lembaga berwenang dan pengawasan yang ketat.

Batas aman konsumsi natrium dehidroasetat pada manusia telah ditetapkan oleh beberapa badan pengatur kesehatan. Dosis tinggi zat kimia ini dapat menyebabkan iritasi, kulit seperti terbakar atau luka, serta pendarahan kecil, dan dapat memicu kanker, gangguan hati, dan ginjal. Organ hati merupakan organ pertama yang mengelola racun dalam tubuh manusia, dan tingkat gangguan organ akibat zat kimia tergantung pada paparannya dan kualitas organ setiap manusia.

BPOM telah memerintahkan produsen Roti Okko untuk menarik produknya dari pasaran karena ditemukan unsur natrium dehidroasetat sebagai bahan tambahan pangan yang tidak sesuai.

Keputusan BPOM ini dianggap sebagai tindakan pencegahan yang penting untuk melindungi konsumen dari produk yang berpotensi berbahaya.

Hardinsyah menyatakan bahwa tindakan BPOM menunjukkan kehati-hatian pemerintah dalam mengawasi produk pangan yang beredar di pasaran.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.