Header Ads

Petir Besar Akibatkan Kebakaran Di Yunani

Beragam Berita Nasional - Petugas pemadam kebakaran Yunani mengungkapkan bahwa petir besar telah memicu dua kebakaran di Pulau Thassos. Informasi ini disampaikan setelah kebakaran hutan berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran di dua pulau lainnya yang terkena dampak angin kencang.




Lebih dari 32 petugas pemadam kebakaran, didukung oleh 13 mobil pemadam kebakaran, satu pesawat terbang, dan dua helikopter, berusaha memadamkan api yang melahap lahan hutan di dua sisi pulau di Laut Aegea utara yang berjarak 306 km di sebelah utara Athena.

Para ilmuwan menyatakan bahwa kebakaran hutan yang semakin sering terjadi dan merusak di Yunani dalam beberapa tahun terakhir disebabkan oleh perubahan iklim. Kebakaran hutan di negara tersebut sering mengganggu pariwisata musim panas karena jutaan orang berkunjung ke pulau-pulau di Yunani. 

Curah hujan biasanya dianggap sebagai berkah di daerah yang mengalami kekeringan selama berbulan-bulan, namun petir yang menyertainya justru memperburuk keadaan di Pulau Thassos.

Dinas perlindungan sipil Yunani memperingatkan tentang cuaca yang tidak biasa pada Rabu (3/7/2024) dan Kamis (4/7/2024). Mereka memperkirakan adanya badai dengan frekuensi petir dan hujan es, yang akan berdampak terutama pada wilayah Yunani bagian tengah dan utara.

Pekan ini, Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis memperingatkan akan bahaya kebakaran hutan yang mungkin terjadi akibat kemarau panjang dan angin kencang pada musim ini. Tahun lalu, kebakaran hutan di Yunani menewaskan 20 orang dan memaksa ribuan orang mengungsi dari Pulau Rhodes. 

Untuk mendeteksi titik api lebih awal, Yunani meningkatkan penggunaan drone dalam pemantauan lahan hutan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.