Header Ads

Gunung Lewotobi Punya Tingkat Erupsi Yang Sangat Tinggi, Badan Geologi Minta Warga Waspada

Beragam Berita Nasional - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan bahwa potensi erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), masih tinggi. Ketua Tim Gunung Api dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Heruningtyas Desi Purnamasari, menjelaskan bahwa masih ada suplai dari dalam tubuh gunung api, yang membuat potensi erupsi dan lontaran batu pijar tetap tinggi.



Gunung Lewotobi Laki-laki saat ini berada pada tingkat aktivitas level III atau Siaga. Dengan adanya suplai dari dalam tubuh gunung api, erupsi terus menerus terjadi. Laporan Pos Pengamatan Gunung Api Lewotobi Laki-laki mencatat tujuh kali letusan dengan tinggi kolom abu hingga 800 meter, yang berdampak pada beberapa desa di sekitarnya.


Badan Geologi mengingatkan masyarakat dan pengunjung untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius 3 km dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki dan Gunung Lewotobi Perempuan. Rekomendasi serupa juga berlaku pada 4 km arah sektoral Utara-Timur laut dan 5 km pada sektor Timur Laut dari pusat erupsi gunung tersebut.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.