Header Ads

Program Eduwisata di Sekolah Agar Anak-Anak Makan Hasil Panen

Beragam Berita Nasional - Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim (YPA-MDR) mengadakan acara serah terima Hydroponic Melon Green House (rumah tanam) dan panen perdana melon hidroponik di SMKN 1 Pandak, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Jumat (19/7/2024).




Acara ini dihadiri oleh Direktur SMK Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Wardhani Sugiyanto, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi DIY Didik Wardaya beserta jajaran, serta Ketua Pengurus YPA-MDR Gunawan Salim.

Direktur SMK Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Wardhani Sugiyanto menyampaikan terima kasih kepada Yayasan Pendidikan Astra atas dukungannya terhadap SMKN 1 Pandak untuk mempersiapkan generasi muda di bidang kewirausahaan.

Ketua Pengurus YPA-MDR Gunawan Salim menjelaskan bahwa YPA-MDR memperkenalkan budi daya melon hidroponik sebagai solusi modern untuk menghadapi tantangan dan peluang dunia pertanian di masa depan.

YPA-MDR memulai pembangunan green house (rumah tanam) melon hidroponik sebagai bagian dari Program flagship Satu Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Cerdas. SMKN 1 Pandak memiliki Program Keahlian Agriteknologi Pengolahan Hasil Pertanian (APHP), Agribisnis Tanaman dengan Konsentrasi Keahlian Pangan dan Hortikultura (ATPH) dan Agribisnis Pebenihan Tanaman (APT), Agribisnis Ternak dengan Konsentrasi Keahlian Agribisnis Ternak Unggas (ATU) dan Agribisnis Ternak Ruminansia (ATR), dan Busana. SMKN 1 Pandak berpotensi untuk berperan dalam memenuhi kebutuhan pangan warga.

Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran akan teknologi pertanian modern, meningkatkan keterampilan dalam bercocok tanam, mengembangkan minat untuk mencari solusi inovatif dalam pertanian, serta mendukung Eduwisata di SMKN 1 Pandak.

Kepala SMKN 1 Pandak, Meiyun Wihadiyati, berharap Program Eduwisata dapat memberikan pengenalan dan pembelajaran tentang berbagai jenis tanaman, satwa, pengolahan hasil pertanian, dan batik ecoprint sederhana yang merupakan hasil sinergi dari empat program keahlian di sekolah tersebut.

YPA-MDR memberikan pelatihan budi daya melon dengan metode hidroponik kepada guru binaan, yang kemudian disebarkan kepada siswa melalui program Teaching Factory. Mereka juga memberikan donasi berupa green house yang menghasilkan buah melon premium jenis sweet hami. SMKN 1 Pandak berhasil menghasilkan 1.038 buah melon dari 1.200 bibit tanaman dengan berat yang bervariasi, yang turut mendukung perolehan SK Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) oleh sekolah tersebut.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.