Header Ads

Andika Perkasa Di Gadang Bakal Duet Dengan Anies

Beragam Berita Nasional - Pakar ilmu politik dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta, Ardli Johan Kusuma, menyatakan bahwa mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn.) Andika Perkasa memiliki peluang untuk diusung sebagai bakal calon wakil gubernur di Pilkada Jakarta. Pernyataan ini disampaikan setelah Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengungkapkan persiapan untuk mengajukan kader internal, termasuk Andika, dalam Pilkada Jakarta. Ketua DPP PDIP Puan Maharani juga menyebut wacana duet mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Andika sebagai hal yang menarik.




Menurut Ardli, jika nama Andika Perkasa diajukan oleh PDIP, kemungkinan besar akan diajukan sebagai calon wakil gubernur, dengan catatan Andika dapat mengalahkan nama-nama lain dari internal PDIP. Namun, Ardli juga menjelaskan bahwa secara elektabilitas, Andika kurang berpeluang diusung sebagai bakal calon gubernur karena masih kalah dengan nama-nama lain seperti Anies Baswedan dan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ardli meyakini bahwa PDIP akan rasional dalam melihat fakta tersebut.

Ardli juga berpendapat bahwa wajar bila Andika diperhitungkan dalam bursa bakal calon kepala maupun wakil kepala daerah di Pilkada Jakarta. Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto telah menyebut sejumlah nama kader internal yang disiapkan untuk Pilkada Jakarta, termasuk Andika Perkasa dan Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga, Pramono Anung, Basuki Hadimuljono, dan Abdullah Azwar Anas.

Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, mengatakan bahwa wacana duet Anies-Andika menarik. Ia juga menyebut bahwa Andika bisa berkontestasi di mana saja, baik Pilkada Jakarta maupun Jawa Tengah.

Puan juga menyebut nama baru untuk diusung di Pilkada Jakarta, yakni Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim.

Puan mengatakan bahwa Nadiem mungkin akan dimasukkan sebagai calon jika tertarik.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.