Header Ads

Nabi Muhammad Saw Ajarkan Berbakti Kepada Ibumu

Beragam Berita Nasional - Nabi Muhammad SAW mengajarkan agar kita mendahulukan berbakti kepada ibu ketimbang ayah. Dikisahkan, seorang laki-laki datang kepada beliau shalallahu 'alaihi wasallam. Pria itu kemudian bertanya mengenai siapa yang lebih berhak untuk diperlakukan secara baik.



Beliau pun menjawab, "Ibumu." Tiga kali lelaki itu bertanya, tiga kali pula Rasulullah SAW menyebut "ibumu." Pada kali keempat, barulah kemudian Nabi SAW menyebut "Ayahmu."

Mengapa Islam mengutamakan berbakti kepada ibu daripada ayah? Tentunya, hal itu lantaran Allah dan Rasul-Nya menyuruh demikian. Bagaimanapun, terdapat alasan-alasan di balik betapa besar peran ibu. Dr Abdullah Nashin Ulwan dalam buku Pendidikan Sosial Anak menyebutkan dua sebabnya.

Baru-baru ini, terungkap bahwa ia mengakui bahwa ibunya pernah membencinya. Ibunya merasa bahwa putranya terlalu memprioritaskan dan sangat patuh kepada istrinya daripada kepada ibunya sendiri.

Akhirnya, setelah ibunya memaafkan kesalahannya, Alqamah pun meninggal dunia.

"Wahai kaum Muhajirin dan Anshar," seru Nabi SAW saat menghadiri pemakaman Alqamah, "barangsiapa yang lebih mengutamakan istrinya daripada ibunya, maka ia akan dilaknat Allah. Tobat dan hari akhiratnya tidak diterima!".

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.